<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d5256079239104749292\x26blogName\x3dJotyabetta+News\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://jotyabettanews.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jotyabettanews.blogspot.com/\x26vt\x3d-4981344487462079032', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Sunday, August 3, 2008
Betta channoides, Cupang Asli Indonesia Kekayaan Alam Kalimantan










oleh Joty Atmadjaja

Kalimantan menyimpan kekayaan alam yang luar biasa bagi perkembangan cupang asli Indonesia. Pada tahun 1994 M. Kottelat dan P.K.L. Ng. mengidentifikasikan satu jenis cupang yang dinamakan Betta channoides, yang termasuk dalam grup albimarginata. Channoides merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat. Semaraknya cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung mengangkat nama Betta channoides. Banyak forum-forum cupang di dunia maya membahas cupang alam ini. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta macrostoma andalan negara Brunei.

Nama Betta channoides berasal dari kata channa yang berarti kepala ular karena kepalanya yang menyerupai kepala ular. Jantan berwarna merah kecoklatan dengan adanya garis putih disiripnya, sementara betinanya berwarna lebih pucat. Cupang dewasa berukuran max. 5 cm (2 inch). Hidup di aliran sungai Mahakam, Kalimantan Timur pada air yang tenang kecoklatan karena pembusukan dedaunan kering dan akar pepohonan. Suhu optimum 24-27 derajat Celsius dengan pH 5-6 dan gH dibawah 1. Betta channoides dewasa hampir tidak dapat dibedakan dengan Betta albimarginata, sehingga sering membingungkan. Namun burayak keduanya berbeda sama-sekali. Burayak betta chanoides berwarna terang seperti burayak guppy sementara burayak betta albimarginata berwarna hitam.

Perawatan
Memelihara Betta chanoides sangatlah mudah. Mereka dapat hidup secara damai bersama-sama dalam satu aquarium. Untuk menyerupai habitatnya dialam, sebaiknya diberikan tanaman air dan bebatuan agar mereka nyaman dan tidak stress. Pergantian air sebagian dapat dilakukan setiap minggu untuk membersihkan kotorannya. Pakailah air rendaman ketapang untuk mengkondisikan air agar sesuai dengan pH yang disukainya. Mereka sangat toleran dengan kondisi air. Betta channoides dapat diberi makan pakan hidup maupun pakan buatan. Disarankan diberi pelet dengan kandungan protein tinggi karena dapat meningkatkan nafsu makan dan tidak mudah membawa penyakit. Selayaknya cupang alam lain, aquarium sebaiknya diberi tutup agar mereka tidak melompat keluar.

Pemijahan
Betta channoides dapat memijah dengan mudah, baik didalam aquarium bersama-sama maupun dalam aquarium pemijahan yang khusus disediakan. Ketika pemijahan berlangsung warna channoides akan semakin menarik. Seperti cupang lain pemijahan dilakukan antara channoides jantan dan betina dengan saling berpelukan melingkar. Si betina melepaskan telur dan langsung dibuahi oleh si jantan. Selayaknya jenis mouthbrooder, Betta channoides jantan akan mengerami telurnya di dalam mulutnya selama 12-14 hari sebelum, anak-anaknya dilepas dari mulutnya, jumlah burayak berkisar antara 3 – 40 ekor. Tidak seperti cupang hias splendens, indukan jantan dan betina channoides bisa bersama-sama memelihara anaknya tanpa dimakannya.

Kontes cupang
Dalam kontes-kontes cupang hias yang diselenggarakan oleh International betta Congress (IBC) Betta channoides dikelompokan dalam kategori wild betta – small mouthbrooder. Hampir selalu betta channoides mendapatkan juara dalam setiap keikutsertaannya karena penampilannya yang menarik dan warnanya yang atraktif. Seperti pada kontes di TMII, Jakarta pada tanggal 18-20 April 2008 yang lalu Betta channoides pun dapat menggondol juara 1 dan 2 dikategorinya.

Credit photo: Muty Pinuasty


(artikel ini dimuat di majalah Dfishes edisi 13, Juli - Agustus 2008)
Archives News